Kamis, 17 September 2015

KEMAJUAN TEKNOLOGI

      Perkembangan teknologi semakin lama semakin cepat. Tak bisa dipungkiri hal ini bisa kita buktikan melalui kehidupan sehari-hari kita. Banyak hal yang telah dilakukan oleh manusia sehingga teknologi semakin maju. Kemajuan teknolgi memang sangat membantu bagi manusia sekarang. Karena teknologi telah membantu kebutuhan kehidupan manusia dalam berbagai aspek mulia dari pendidikan, ekonomi, sosial, dan masih banyak lagi. 
     Contoh perkembangan teknologi yang telah terjadi adalah munculnya berbagai alat komunikasi beserta aplikasi untuk komunikasi. Mulai dari sms, bbm,whatsapp, line, chatting, video call, skype dsb. Yang dahulunya sebelum teknologi ini ada manusia berkomunikasi melalui surat yang ditulis tangan dengan tinta di atas kertas. Itu adalah sepenggal kemajuan teknologi media komunikasi. 
Banyak contoh-contoh kemajuan teknologi yang dapat kita temukan di masa kini. Dari contoh kemajuan teknologi untuk internet, kemajuan teknologi untuk otomotif, kemajuan teknologi untuk masyarakat, dan masih banyak lagi. Contoh obyek dari kemajua teknologi adalah :
  • Mesin cuci sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini, sehingga manusia lebih efisien untuk mencuci baju ataupun pakaian.
  •  Social Media salah satu kemajuan teknologi yang cukup fenomenal sebagai sarana komunikasi melalui media online.
  •  Alat Teknologi pengolahan pangan yang menjadikan manusia lebih efisien memproduksi makanan atau produk yang berhubungan dengan makanan.


     Banyak manfaat yang bisa diambil dari maajunya perkembangan teknolgi. Mulai dari mudahnya manusia berkomunikasi walaupun tidak bertatap muka, bisa berbelanja tanpa harus pergi ke toko langsung (belanja online), mendapat informasi melalui internet, mencari hiburan melalui internet, adanya berbagai macam alat transportasi untuk memudahkan kegiatan manusia dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

     Namun dari bayaknya manfaat yang diperoleh juga ada dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Dampak tersebut bisa positifdan negatif. 

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif perkembangan TeknologiInformasi.
  • Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
  • Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi. 
  • Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentinganbisnis.
  • Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
  • Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
Sementara itu dampak negatif perkembangan Teknologi Informasi antara lain,
  • Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.
  • Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang sepertinarkoba dan produk black market atau ilegal.
  • Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksionline.
  • Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain
Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.






https://www.google.co.id/search?q=kemajuan+teknologi&espv=2&biw=1366&bih=623&tbm=isch&imgil=LJomxSkMdY1X3M%253A%253BvSaMPiq2BiwcgM%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fkharisbahak.blogspot.com%25252F2014%25252F09%25252Fkemajuan-teknologi.html&source=iu&pf=m&fir=LJomxSkMdY1X3M%253A%252CvSaMPiq2BiwcgM%252C_&usg=__t-0mVAzu3Ah-RCz4GYNZqHGtPt0%3D&ved=0CDgQyjdqFQoTCMzVrd_o_ccCFYqglAod-zADzQ&ei=RZD6VYyfKorB0gT74YzoDA#imgrc=LJomxSkMdY1X3M%3A&usg=__t-0mVAzu3Ah-RCz4GYNZqHGtPt0%3D

http://www.academia.edu/5793332/DAMPAK_POSITIF_DAN_NEGATIF_PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_DARI_USIA_DINI
http://www.aingindra.com/kemajuan-teknologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar